Rabu, 10 Oktober 2012

Psikologi Belajar (Tugas Individu)

PEMANFAAT TIGA STIMULUS DENGAN TEORI SKINNER DI DALAM KELAS





Ini adalah hasil kretivitas saya terhapad 3 stimulus yang diberikan dosen ketika pagi ini kuliah Psikologi Belajar. Awalnya saya sangat binggung ketika dibagikan 3 kertas dengan ukuran yang tidak berbeda jauh. Saya mulai memikirkan apa yang baiknya saya gunakan terhapad 3 kertas ini. Tapi saya senang dengan instruksi yang sedikit karena kita bisa berbuat apa saya yang kita suka. Tapi ketika saya diberikan kebebasan saya pasti akan binggung untuk berbuat apa karena terbiasa dengan ketetapan yang sudah ada. Saya mulai memikirkannya apa yang seharusnya saya lakukan sehingga akirnya saya membuat sebuah cerita tentang seorang anak kelas 1 SMA yang namanya disamarkan menjadi X.
X mendapat nilai yang sangat jelek ketika semester satu di kelas 1, X mendapatkan nilai merah untuk dua mata pelajaran. Orang tua X sangat heran dengan prestasi X. karena X bukan anak yang mempunyai IQ yang dibawah rata-rata. Akirnya orangtua X saling berdiskusi tentang hasil nilai ini. Dari hasil diskusi orangtua X, orangtua X berharap anaknya dapat belajar dengan maksimal sehingga mendapat nilai yang baik disemester berikutnya.
Orangtua X akirnya memantau belajar X agar lebih baik dan berjanji pada X akan membelikan x sebuah laptop atau ipad yang diinginkan X jika ia bisa mendapat nilai yang baik disemester depannya ketika kenaikan kelas. Ternyata X menghasilkan perilaku subjektif dengan memproduksi stimus yang baru. Ketika nilai X terbukti naik, orangtua X memberikan X sebuah laptop yang emang diinginkan oleh X.
Ini sama halnya seperti yang dijelaskan dibuku table 4.4 hal 129
Stimulus Diskriminatif
Respons
Konsekuensi
Tipe Konsekuensi
Tipe penguatan
Perintah orangtua X agar X belajar lebih baik
X  belajar dengan baik
X akan mendapatkan laptop atau ipad yang diinginkannya
X harus belajar dengan keras
Positif, karena X ingin mendapatkan laptop atau ipad

Setelah menerima rapot disemeter 2 kenaikan kelas X, ternyata X berhasil menunjukan kalo ia mampu dan berhasil emndapatkan apa yang diinginkannya.

Dari metode belajar hari ini yang berhasil membuat saya membuat cerita tentang X, Skinner punya komponen pembelajaran yang dapat dipertimbangkan dalam perencanaan ruang kelas. Pertama, stimuli diskriminatif yang seharusnya langsung direspon siswa. Ketika bu Dina memberikan kami 3 stimulus yang mau tidak mau kami harus gunakan karena waktu yang diberikan hanya 30 menit. Kedua, kontigensi penguatan, di awal penejelasan bu Dina sudah menjelaskan apada kami kalau aka nada hadiah yang akan diberikan apada 3 orang yang membuat karya paling bagus dari 3 stimulus yang diberikan. Ketiga, dinamika ruang kelas, jadi ketika itu ada seorang teman yang bertanya kembali pada Bu Dina dan bu Dina kembali mengingatkan peraturan yang ada yang sudah ditekannkan diawal sebelum kegiatan berlangsung.


2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

idenya bagus Aisyah..:)
namun produknya kurang eye terlihat menarik..
next time better :)

Aisyah Hudaya (09-091) mengatakan...

terima kasih bu, insyakAllah kedepan lebih baik lagi bu :)

Posting Komentar