Rabu, 18 September 2013

TUGAS KREATIVITAS 2

PENGEMBANGAN EMPAT P DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS



sumber: 
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat., Jakarta: Rineka Cipta.


Ternyata 4 P ini adaah lanjutan bab selanjutnya, didalam bab ini di jelaskan empat P sendiri yang melandasi pengembangan kreativitas.
                Person
Teori psikoanalis dan teori humanistik sendiri digunakan sebagai landasan perencanaan program pendidikan anak berbakat. Karena banyak sekali teori yang menjelaskan tentang terbentuknya kepribadian yang kreatif

Press  

1.       Dari dalam diri individu
Rogers: “dorogan ada pada setiap orang dan bersifat inernal. Ada dalam diri individu sendiri, namun membutuhkan kondisi yang tepat untuk diekspresikan”
2.       Dari luar individu (ekstrinsik)
Rogers juga menyatakan adanya kondisi keamanan dan kebebasan psikologi memungkinkan timbulnya kreativitas dan konstruktif. Hal ini dibagi oleh Rogers menjadi keamanan psikologis dan kebebasan psikologis.
                Proses
Wallas (1926) dalam bukunya The Art of Thought Piirto, 1992 menyatakan proses kreatif melalu 4 tahapan
Ø  Persiapan, orang mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan berpikir, mencari jawaban, bertanya kepada orang lain dan banyak hal lain agar masalah terpecahkan
Ø  Inkubasi, seolah-olah melepaskan diri dari masalah tersebut tapi mulai mencoba berpikir melalui alam bawah sadar tanpa sadar.
Ø  Iluminasi, timbulnya gagasan-gagasan baru atau inspirasi berserta program perencaannya.
Ø  Verifikasi, tahapan terakir yaitu mengevalusi terhadap realitas disini pemikiran konvergen dan kritis sangat diperlukan.
Produk
Besemer dan Treffinger (1981) hasil yang kreatif dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu,
1.       Sesuatu yang baru
2.       Pemecahan
3.       Kerincian serta sintesis
 Di Indonesia juga sudah ada penelitian yang dilakukan terhadap produk kreatif ini. Pada tahun 1997 pada siswa yang ditugaskan untuk mengarang. Kriteria penilaian kreatif berkaitan dengan aspek-aspek kreatif  yaitu
1.       Kelancaran
2.       Kelenturan
3.       Orisinalitas
4.       Kerincian (Elaborasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar