kelompok
Aisyah hudaya 09-091
Fitri Dian Adlina 10-091
Menurut kelompok kami teori-teori yang dipaparkan oleh Piaget
sesuai dengan pembelajaran-pembelajaran yang kami dapatkan dari pengalaman kami
sendiri. Sesuai dengan yang di jelaskan Piaget pengetahuan adalah proses
mengetahui sesuatu hal melalau interaksi dengan lingkungan. Piaget juga
menjelaskan dalam menciptaan pengetahuan, individu dan objek berpadu dan tidak
dapat dipisahkan. Bahkan “hubungan antara pembelajar dan objek tidak ditentukan
sebelumnya dan yang lebih penting adalah relasi itu tidak stabil: (Piaget,
1970b, h. 704). Piaget mengatakan ada empat faktor yang diperlukan untuk
transformasi perkembangan dari satu bentuk penalaran ke bentuk lain. Faktor itu
adalah lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial, dan proses yang disebut
sebagai penyeimbang (equilibration) (Piaget, 1977).
Ketika masalah muncul permasalaahan salam kegiatan
belajar Piaget (1973) menjelaskan keterampilan memecahkan masalah tidak dapat
diajarkan langsung. Dari teori ini, guru kami tidak memberikan pemecahan
masalah yang kami alami untuk menyelesaikan tugas. Tetapi kami di suruh untuk
memecahkannya sendiri. Dalam teori Piaget (1973), Salah satu sumber
motivasi yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa bersifat fisiologis, afektif,
dan intelektual. Karena kecerdasan mencari pemahaman dan penjelasan, kebutuhan
intelektual sering muncul dalam bentuk pertanyaan atau masalah.
Salah satu sumber motivasi menurut Piaget (1973)
yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa bersifat fisiologis, afektif, dan intelektual.
Karena kecerdasan mencari pemahaman dan penjelasan, kebutuhan intelektual
sering muncul dalam bentuk pertanyaan atau masalah. Dalam konteks proses
kognitif dan pembelajaran Piaget terdapat konsep “mengajarkan pemecahan
masalah”. Menurut Piaget, keterampilan memecahkan masalah tidak dapat diajarkan
langsung. Ini penting bagi perkembangan keterampilan pemecahan masalah. Piaget
(1973) menekankan pentingnya interaksi teman sebaya dalam konteks
eksperimentasi mandiri.
Piaget (1973) mengindikasikan bahwa tidak ada tugas
yang lebih sulit bagi guru ketimbang menyesuaikan diri dengan aktivitas mental
spontan dari anak atau remaja. Peran guru pertama adalah membuat dan
mengorganisasikan kelas.
2 komentar:
Aisyah.. kombinasi warna dan lay out-nya cukup baik...namun sehubungan konten, coba lihat komen saya pada temen sekelompok ya :)
terima kasih bu, kedepan akan saya perhatikan bu
Posting Komentar