1.
Nama : Aisyah Hudaya
NIM Observer : 09-091
2. Kelas yang diobservasi: XI-1 MM
3.
Mata Pelajaran: Story Book
Nama Guru yang Mengajar: Agustiani Harahap
4.
Waktu Mengobservasi: 11.42-12.12
Durasi observasi: 30 menit
5. Jumlah Siswa Dalam Kelas: 22 orang
6. Media Pembelajaran yang digunakan Guru: TV LCD,
Laptop, Papan Tulis, Spidol
7. Media Pembelajaran yang digunakan Siswa: Laptop,
Headset, buku Tulis, dan Alat tulis dan Modem
8.
Situasi Fisik Kelas:
a. Pencahaan
lampu dikelas baik
b. Dinding
sebelah kanan ketika siswa duduk menghadap papan tulis sebuah beton,tapi sebelah
kirinya hanya sebuah triplek, sedangkan bagian belakang siswa sebuah kaca yang
tembus pandang dari kedua arah (dilihat dari dalam maupun dari luar kelas)
c. Pintu
kelas kaca yang tembus pandang
d. 2
meja guru yang memanjang didepan kelas dan satu diselah kiri siswa-siswi
e. 2
buah AC, tapi yang menyala hanya 1 AC.
f.
Lantai kelas
memakai keramik
9. Alat Observasi: Handphone dengan kamera, Kertas dan Pulpen
1.
Panduan Observasi
TABEL 5.7
No
|
Deskripsi
|
Tahapan
Belajar
|
Terjadi
/ tidak terjadi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1.
|
Persiapan
Belajar
|
1.
Mengarahkan perhatian
|
-
|
-
|
2.
Ekspektasi
|
-
|
-
|
||
3.
Retrieval
|
√
|
Adanya
tugas yang sudah diberikan kepada siswa
|
||
2.
|
Akuisisi
dan KInerja
|
4.
Presepsi selektif atas ciri stimulus
|
X
|
Pengamat
merasa tidak melihat adanya stimulus yang berbeda yang diberikan oleh guru
|
5.
Penyendian semantik
|
√
|
Ketika
ada siswa yang menunjukan hasil pekerjaannya kepada guru, guru melihat dan memberikan
feedback kepada siswa tersebut.
|
||
6.
Retrieval dan respon
|
√
|
Ketika
guru memberikan feedback, siswa yang menunjukan hasil pekerjaannya langsung
membetulkannya.
|
||
7.
Penguatan
|
√
|
Ketika
guru memberikan feedback, siswa langsung kembali ketempat duduknya dan membetulakan
hasil pekerjaannya.
|
||
3.
|
Transfer
Belajar
|
8.
Pemberi
petunjuk retrieval
|
√
|
Siswa
yang sudah siap, memperlihatkan hasil kerjanya. Dan guru melihat hasilnya
sudah sesuai apa belum
|
9.
Generalisasi
|
√
|
Pengamat
melihat seorang siswa yang menunjukan hasil pekerjaan dengan gambar kartun
yang ia buat di sebuah kertas HVS.
|
2.
Proses Observasi
Table 5.9
No
|
Langkah
|
Deskripsi
|
1
|
Mengumpulkan
informasi diawal
|
Pengamat
membaca buku learning and instruction
Gredler pada bab 5 (konsep belajar
Robert Gagné)
|
2
|
Mengindentifikasi
representasi pengetahuan
|
pengamat
mengidentifikasi konsep mana yang sesuai dan yang harus digunakan dalam
membantu pengamat dalam melakukan observasi
|
3
|
Mengimplementasikan
tehnik untuk memunculkan pengetahuan
|
Pengamat
membuat panduan dalam observasi dengan menggunakan table 5.7
|
4
|
Menganalisa
dan memverifikasi data
|
Hasil
observasi dijadikan sebuah data yang dapat dilihat diatas
|
5
|
Memformat
hasil yang digunakan
|
Hasilnya
dapat dilihat tahapan-tahapan apa saja yang dilakukan guru didalam kelas ketika
sedang mengajar.
|
TESTIMONI
Dari hasil pengamatan
saya pada SMK Tritech, teori Gagné yang terlihat sekali dengan adanya tugas
yang diberikan kepada siswa-siswinya, siswa-siwsi yang ingin bertanya langsung
mendangai gurunya dan memperlihatkan tugas mereka. Apakah sudah benar atau tidak.
Sesuai dengan teori Gagné yang mengatakan bahwa masalah yang paling sering
dialami oleh seorang guru untuk satu kelas yang orangnya lebih dari 20 orang, dan
hanyak satu atau dua orang anak yang bertanya yang tidak mewakili pertanyaan
dari 20 siswa lainnya. Dengan langsungnya siswa-siswi meminta penjelasan
feedback kepada guru mereka dapat membuat guru lebih memahami permasalahan
pembelajaran didalam kelas.
Dari hasil pengamatan
saya SMK Tritech ini memang sudah sewajarnya menggunakan teknologi, karena
sekolah mereka juga merupakan kejuruan yang menuju ke sistem informasi. Saya melihat
masih ada siswa yang menggunakan modem didalam kelas, seharusnya sekolah lebih
meningkatkan jaringan yang lebih cepat.
Kelebihan dalam proses
observasi
a. Sekolahnya
menerima kami dengan tangan terbuka, sehingga proses yang saya jalani dapat
dengan mudah dilakukan
b. Guru
di kelas juga sangat baik dalam menyambut saya dan membuat saya mudah
menjalankan tugas saya
c. Siswanya
juga tidak terganggu dengan kedatangan saya, yang membuat kami dapat
mengerjakan tugas kami masing-masing
Kekurangan
dalam proses observasi
a. Saya
datang terlambat kesekolah, sehingga proses belajar sudah dimulai duluan dan
saya tidak melihat langsung persiapan belajar yang dlakukan oleh guru.
b. Waktu
yang diberikan juga terlalu sedikit sehingga seperti terburu-buru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar