Minggu, 09 Desember 2012

Psikologi Belajar (Observasi)


1.      Nama : Aisyah Hudaya
      NIM Observer : 09-091

2.      Kelas yang diobservasi: XI-1 MM

3.      Mata Pelajaran: Story Book
      Nama Guru yang Mengajar: Agustiani Harahap

4.      Waktu Mengobservasi: 11.42-12.12
      Durasi observasi: 30 menit

5.      Jumlah Siswa Dalam Kelas: 22 orang

6.      Media Pembelajaran yang digunakan Guru: TV LCD, Laptop, Papan Tulis, Spidol

7.      Media Pembelajaran yang digunakan Siswa: Laptop, Headset, buku Tulis, dan Alat tulis dan Modem

8.      Situasi Fisik Kelas:
a.       Pencahaan lampu dikelas baik
b.      Dinding sebelah kanan ketika siswa duduk menghadap papan tulis sebuah beton,tapi sebelah kirinya hanya sebuah triplek, sedangkan bagian belakang siswa sebuah kaca yang tembus pandang dari kedua arah (dilihat dari dalam maupun dari luar kelas)
c.       Pintu kelas kaca yang tembus pandang
d.      2 meja guru yang memanjang didepan kelas dan satu diselah kiri siswa-siswi
e.       2 buah AC, tapi yang menyala hanya 1 AC.
f.       Lantai kelas memakai keramik

9.      Alat Observasi: Handphone dengan kamera, Kertas dan Pulpen
  

1.     Panduan Observasi
         TABEL 5.7

No
Deskripsi
Tahapan Belajar
Terjadi / tidak terjadi
Kegiatan Pembelajaran
1.
Persiapan Belajar
1.      Mengarahkan perhatian
-
-
2.      Ekspektasi

-
-
3.      Retrieval

Adanya tugas yang sudah diberikan kepada siswa
2.
Akuisisi dan KInerja
4.      Presepsi selektif atas ciri stimulus

X
Pengamat merasa tidak melihat adanya stimulus yang berbeda yang diberikan oleh guru
5.      Penyendian semantik


Ketika ada siswa yang menunjukan hasil pekerjaannya kepada guru, guru melihat dan memberikan feedback kepada siswa tersebut.
6.      Retrieval dan respon

Ketika guru memberikan feedback, siswa yang menunjukan hasil pekerjaannya langsung membetulkannya.
7.      Penguatan


Ketika guru memberikan feedback, siswa langsung kembali ketempat duduknya dan membetulakan hasil pekerjaannya.
3.
Transfer Belajar
8.      Pemberi  petunjuk retrieval

Siswa yang sudah siap, memperlihatkan hasil kerjanya. Dan guru melihat hasilnya sudah sesuai apa belum
9.      Generalisasi
Pengamat melihat seorang siswa yang menunjukan hasil pekerjaan dengan gambar kartun yang ia buat di sebuah kertas HVS.

2.     Proses Observasi
Table 5.9

No
Langkah
Deskripsi
1
Mengumpulkan informasi diawal
Pengamat membaca buku learning and instruction Gredler pada bab 5  (konsep belajar Robert Gagné)
2
Mengindentifikasi representasi pengetahuan
pengamat mengidentifikasi konsep mana yang sesuai dan yang harus digunakan dalam membantu pengamat dalam melakukan observasi
3
Mengimplementasikan tehnik untuk memunculkan pengetahuan
Pengamat membuat panduan dalam observasi dengan menggunakan table 5.7
4
Menganalisa dan memverifikasi data
Hasil observasi dijadikan sebuah data yang dapat dilihat diatas
5
Memformat hasil yang digunakan
Hasilnya dapat dilihat tahapan-tahapan apa saja yang dilakukan guru didalam kelas ketika sedang mengajar.




TESTIMONI
Dari hasil pengamatan saya pada SMK Tritech, teori Gagné yang terlihat sekali dengan adanya tugas yang diberikan kepada siswa-siswinya, siswa-siwsi yang ingin bertanya langsung mendangai gurunya dan memperlihatkan tugas mereka. Apakah sudah benar atau tidak. Sesuai dengan teori Gagné yang mengatakan bahwa masalah yang paling sering dialami oleh seorang guru untuk satu kelas yang orangnya lebih dari 20 orang, dan hanyak satu atau dua orang anak yang bertanya yang tidak mewakili pertanyaan dari 20 siswa lainnya. Dengan langsungnya siswa-siswi meminta penjelasan feedback kepada guru mereka dapat membuat guru lebih memahami permasalahan pembelajaran didalam kelas.

Dari hasil pengamatan saya SMK Tritech ini memang sudah sewajarnya menggunakan teknologi, karena sekolah mereka juga merupakan kejuruan yang menuju ke sistem informasi. Saya melihat masih ada siswa yang menggunakan modem didalam kelas, seharusnya sekolah lebih meningkatkan jaringan yang lebih cepat.




Kelebihan dalam proses observasi
a.       Sekolahnya menerima kami dengan tangan terbuka, sehingga proses yang saya jalani dapat dengan mudah dilakukan
b.      Guru di kelas juga sangat baik dalam menyambut saya dan membuat saya mudah menjalankan tugas saya
c.       Siswanya juga tidak terganggu dengan kedatangan saya, yang membuat kami dapat mengerjakan tugas kami masing-masing
Kekurangan dalam proses observasi
a.       Saya datang terlambat kesekolah, sehingga proses belajar sudah dimulai duluan dan saya tidak melihat langsung persiapan belajar yang dlakukan oleh guru.
b.      Waktu yang diberikan juga terlalu sedikit sehingga seperti terburu-buru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar