Kamis, 12 Desember 2013

TUGAS KREATIVITAS (INDIVIDU)

MARI MELIHAT DUNIA SECARA LUAS


karya yang bakal saya tampilakan adalah sebuah foto dengan sudut pandang yang berbeda dari yang biasanya. saya mengambil ide ini untuk ditampilkan karena menurut saya foto yang sering terlihat hanya melalui sudut pandang kita, padahal sudah banyak aplikasi yang membantu para fotografer untuk mengambil dari sudut pandang yang berbeda dan secara luas.


Disini saya akan menampilkan hasil dari gambar yang saya potret sendiri






dari kedua gambar diatas bisa kita lihat perbedaan sudut pandangnya. gambar pertama bisa kita lihat sudut pandang yang lebih luas dan gambar kedua hanya lebih luas dari biasanya.

gambar ini saya ambil menggunakan hape Samsung Galaxy Note 3. dimana didalam hape ini sudah ada aplikasi yang mendukung kita untuk pengambilan gambar ini

cara pengambilannya
1. buka aplikasi kamera yang ada pada hape



2. setelah masuk kedalam aplikasi, mari mengannti mode auto



3. setelah menekan mode pilih mode Surround Shot

4. selanjutnya mengganti modenya akan muncul gambar seperti dibawah ini, arahkan bulatan putih yang ada dibulat merah menuju bulatan putih yang ada di dalam bulatan biru.



5. selanjutnya bulatan putih kosong yang ada pada bulatan merah diatas arahkan dengan mengerakan hape menuju bulatan putih penuh yang ada didalam bulatan biru. arahkan trus sampai mengisi bulatan dunia seperti gambar dibawah ini
 setelah bulatan penuh maka, beberapa saat hape akan dengan sendirinya memproses hasil jebretan.
dan akan menhasilkan foto


saya menjadikan ini sebagai hasil kreativitas kita karena menurut saya proses belajar merupakan suatu proses dimana kita bisa memanfaatkan setiap informasi baru dan menjadikan pembelajaran. hal ini juga sejalan dengan Ausubel 1988 yang mengatakan bahwa pembelajaran bermakna suatu proses dimana seseorang mengkaitkan informasi baru pada konsep-konsep yang relevan yang terdapat pada struktur kognitif kita.

kreativitas juga didefinisikan Stein (1967) sebagai “The creative work is a novel work that is accepted as tenable or useful or satisfying by a group in some point in time”.
stein sendiri membagi kreativitas menjadi 2 konseptual dan konsensual 
Dimana konseptual tercermin pada novel, tenable,useful, dan satisfying dan dimensi konsensual dinyatakan melalui kata-kata that is accepted by a group in some point in time.

Kata novel (baru) berarti bahwa suatu produk yang dinilai kreatif bersifat orisional. Meskipun tidak baru, produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari hal-hal yang sudah ada, sehingga melahirkan sesuatu yang baru. Kalimat that the creative work in tenable or useful or satisfying mengandung arti bahwa suatu  produk kreatif harus berlaku, berguna, dan memuaskan sejauh dinilai oleh orang lain. Ketiga istilah tersebut menekankan bahwa hasil dari proses kreatif haruslah dikomunikasikan kepada orang lain, sehingga produk tersebut mengalami validasi konsensual. Oleh sebab itu, pengakuan orang lain, khususnya para ahli, sangatlah penting.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus kali ya idenya kak aisyah. susan juga udah pernah buat gini tapi hasilnya gak sebagus punya kaka. hehehe
besok-besok pas liburan ajarin susan ya kak :D

Unknown mengatakan...

Isss. Hape samsung bisa gini yaa ? Iphone kok mesti instal aplikasi dulu ya? Atau beli lensa cembung. Reomended kali ya samsung ini sa. Nnti klo aku udah punya aku tanyak2 lagi sah.

Chairuna Syahputri Nst mengatakan...

Hasilnya jadi fish eye gitu yah syah...
keren...
jadi cuma sekali jpret kita bisa dapetin hasil yg keren..
apalagi ditambah pemandangannya yang juga kereen...:D

Unknown mengatakan...

Ternyata bisa Samsung gini iya sah, baru tau loo. Bagus Kali ternyata hasilnya, nanti Ku cobalah. Makasih iya aisyah infonya, nanti boleh tayak2 lag I iya.

09-081SMS mengatakan...

such a good information for us, aisyah! jadi masukan kalo buat yg suka fotografi ga mesti punya kamera SLR, dengan gadget yg kita punya juga masi bisa kok nyalurin hobi. anyway fotonya bagus sah, natural. kapan kpaan posting gimana cara edit yg bagus ya :) tapi motivasi postingan ini berhubung hape baru ya sah ? :)) hehehe

Laura Marshaulina Malau mengatakan...

keren ya kk fotonya, orang yang memandang hasilnya aja seperti ikt merasakan pengambilan foto itu...sangat indah sekali fotonya....
good jod kk :)

Posting Komentar